Sabtu, 13 April 2013


Pariwisata Bali dan Global (Bali and Global Tourism)


STUDI KASUS : CLUB MEDITERANIAN, MANFAAT EKONOMI BAGI NEGARA MAJU DAN NEGARA BERKEMBANG

TOPIK DISKUSI 
Apakah manfaat dan masalah ekonomi yang ditimbulkan dari Club Med terhadap :
a. Negara dengan perekonomian maju (Seperti Italia dan Amerika Serikat)?
b. Negara dengan perekonomian sedang berkembang

1. Manfaat Club Med di negara yang perekonomiannya maju adalah club yang memiliki cabang dimana-mana ini yang juga berada di bintan dan bali (Indonesia) dipastikan efeknya sangat besar apalagi Club sendiri mampu membangun dinegara yang perekonomiannya sudah maju pesat ketimbang negara yang sedang berkembang. Alasannya adalah negara seperti Amerika Serikat dan Italia ini merupakan negara yang sangat maju, jadi, sebagian penduduknya mampu melakukan liburan dikarenakan gaji perkapita mereka diatas rata-rata. dibandingkan Negara yg sedang berkembang hanya orang yang tingkat ekonominya keatas yang mampu melakukan hiburan jalan-jalan. dengan membangun Club Med Village (desa) yang dimana dinegara maju sangat diperlukan karena ingin menghindar dari keraimaian kota. yang dimana disana merupakan daya tarik wisata juga. dengan penyempurnaan alokasi yang saling mendukung dan tersedianya layanan yang sangat baik (24 jam) dipastikan dapat maju dengan pesat. tetapi, persaingan yang saat ini tidak hanya club med yang mendirikan hotel di daerah pedeseaan tetapi hotel group lain juga melakukan hal yang sama. disinilah dilihat sebagaimana mereka dapat mengatur segi penjualan kamar mereka yang menguntungkan buat mereka. club med juga pernah mengalami krisin keuangan diakibatkan pesaing melakukan rate dibwah club med sendiri. tetapi dengan adanya tekhnologi yang saat ini berkembang didapatkan melakukan penawaran memalui media yang mudah diakses secara langsung oleh orang yang ingin langsung melakukan hiburan.

2. Di Negara yang perekonomiannya sedang berkembang seperti negara kita Indonesia ini. Club med tetap meyakinkan bahwa mereka mampu bersaing di Negara yang sedang berkembang Club Med dalam negara perekonomian berkembang bisa meningkatkan pertumbuhan pariwisata. Dan dapat memanfaatkan Club Med ini untuk memperkenalkan budaya budaya yang terkandung di negara tersebut dan bisa membuat  negara tersebut menjadi terkenal dari sebelumnya. dan berani memasang harga standart yang relatif tinggi melalui menjual produk mereka yang pastinya berkualitas.

6 komentar:

  1. negara berkembang butuh banyak perjuangan ..

    BalasHapus
  2. kita masih punya banyak potensi wisata yg belum maksimal.
    Salam penjual keripik

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. berdasarkan ramalan bahwa Indonesia kurang promosi

    BalasHapus
  5. ayo maju pariwisata indonesia jangan kalah dengan malaysia !

    BalasHapus
  6. It’s nila. Ok it seems stupid but please let me know asap

    BalasHapus